Dalam rangka belajar tentang metodologi penelitian, setelah mempelajari teori, aktivitas selanjutnya adalah bersifat aplikatif, yaitu mengadakan analisis terhadap jurnal penelitian yang menggunakan metode penelitian yang sedang dipelajari. Salah satunya adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).  Hal ini dilakukan agar kita sebagai pembelajar dapat mengetahui bagaimana melaksanakan penelitian dengan metode tersebut dan selanjutnya dapat mengetahui bagaimana membuat laporan penelitian yang baik dan benar.Pada kesempatan ini yang akan dianalisis adalah Laporan Penelitian Tindakan Kelas pada Jurnal Edukasi Matematika (EDUMAT) Volume 2 Nomor 4 November 2011. Judul salah satu laporan tersebut adalah Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) oleh Widyantini PPPPTK Matematika.

Untuk lebih lengkapnya dapat didownload pada link berikut. Let’s check it out!

JOURNAL ANALYSIS OF CLASSROOM ACTION RESEARCH