A. Strategi Menebak secara Bijak dan Mengujinya dalam Penyelesaian Masalah Sehari-hari

Dalam menyelesaikan masalah matematika ada beberapa strategi yang dapat digunakan, salah satunya adalah strategi menebak secara bijak dan mengujinya (Intelligent Guessing and Testing). Strategi ini merupakan strategi yang sering dianggap enteng dan dapat dilakukan semua orang. Namun strategi ini dapat membuka mata kita pada penyelesaian yang menyeluruh, yang mungkin sangat sukar jika ditempuh dengan cara formal atau tradisional.

Perlu pula kita ketahui bahwa strategi coba-coba dalam matematika memiliki landasan penalaran, bukan asal coba. Strategi ini dapat dibedakan menjadi dua: sistematis dan inferensial. Systematic trial adalah mencoba semua kemungkinan (ini baik bila memungkinkan atau bila cacah kemungkinannya sedikit), sedang inferensial trial adalah mencoba dengan memilah-milah yang paling relevan berdasarkan konsep atau aturan tertentu. Selain itu, dengan beberapa contoh soal yang akan dibahas pada bagain selanjutnya, kita akan dapat membandingkan strategi rutin dan sering digunakan oleh siswa yang mempunyai kemampuan aljabar bagus dibanding dengan siswa yang kemampuan aljabarnya biasa saja dengan menggunakan strategi guess and check.

Penggunaan strategi menebak secara bijak dan mengujinya pada masalah sehari-hari adalah sebagai berikut: dalam memperkirakan tingkat kematangan suatu masakan, bagi tukang kayu dalam memperkirakan ukuran dan bentuk dari sebuah potongan kayu lalu mengujinya dan memodifikasinya dalam menyelesaikan masalah konstruksi, bagi seorang pengacara dalam menentukan kemungkinan praduga tak bersalah pada kliennya.

B. Karakteristik Masalah Matematika yang dapat Diselesaikan dengan Strategi Menebak secara Bijak dan Mengujinya

Beberapa masalah matematika yang dapat diselesaikan dengan strategi menebak secara bijak dan mengujinya memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik tersebut meliputi:

  1. Masalah yang berkaitan dengan persamaan satu variabel atau lebih.
  2. Masalah yang berkaitan dengan alfametika, yaitu suatu teka-teki yang menggunakan huruf-huruf atau bilangan romawi sebagai pengganti angka-angka yang cocok untuk algoritmanya.
  3. Masalah yang berbentuk soal cerita dan diberikan suatu syarat atau kondisi tertentu.
  4. Masalah yang berkaitan dengan aljabar sederhana.
  5. Masalah yang berkaitan dengan penyusunan angka-angka dan penentuan banyaknya bilangan dengan syarat tertentu.

Selanjutnya contoh problem dalam matematika beserta solusinya dengan strategi menebak secara bijak dan mengujinya dapat didownload disini