Paradigma proses pendidikan telah mengalami pergeseran, yaitu dari paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran. Paradigma baru pendidikan tersebut menekankan bahwa proses pendidikan formal sistem persekolahan harus memiliki ciri-ciri berikut: pendidikan lebih menekankan pada proses pembelajaran (learning) daripada mengajar (teaching), pendidikan diorganisasi dalam suatu struktur yang fleksibel, pendidikan memperlakukan siswa sebagai individu yang memiliki karakteristik khusus dan mandiri, dan pendidikan merupakan proses yang berkesinambungan dan senantiasa berinteraksi dengan lingkungan. Demikian juga dalam pembelajaran matematika.

Pembelajaran matematika di kelas tentunya diharapkan berjalan lancar dengan indikasi bahwa indikator pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat dicapai. Yang tak kalah penting juga adalah adanya keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Agar proses pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa dapat tercapai, guru hendaknya menerapkan strategi pembelajaran konstruktifis, dimana siswa diberi kesempatan untuk menemukan konsep dengan cara mereka sendiri melalui bantuan guru. Misalnya guru menerapkan beberapa model pembelajaran dan memanfaatkan media pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa di kelas. Hal ini dapat dicapai dengan adanya persiapan yang matang dari guru dan juga siswa sebelum pembelajaran. Salah satu persiapan guru adalah membuat RPP dan silabus.

Berikut disajikan beberapa contoh RPP dan silabus matematika SMP kelas VIII yang dapat didownload gratis dengan beberapa macam model pembelajaran, misalnya STAD (Students Teams Achievement Division), TGT (Teams Games Tournament), NHT (Number Head Together), TPS (Think Pair Share), serta kombinasi dari 2 model pembelajaran tersebut. Semoga bermanfaat…🙂

  1. RPP 1_STAD (Download)
  2. RPP 2_TPS (Download)
  3. RPP 3_Kombinasi TPS & TGT (Download)