7 kota di Indonesia: Palembang, Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, dan Makassar serentak menyelenggarakan kegiatan Kontes Literasi Matematika (KLM) ke-2 dan Semiloka pendidikan tentang PISA bagi guru pada tanggal 19 November 2011. Untuk wilayah Sumatera Selatan dilaksanakan oleh Universitas Sriwijaya dengan mengusung tema “Melalui Dies Natalis UNSRI ke-51 dan Semangat SEA GAMES Kita Tingkatkan Daya Saing Bangsa”. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 117 siswa  Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sumatera Selatan sebagai peserta KLM dan lebih dari 100 orang peserta semiloka dari seluruh wilayah di  Sumatera Selatan, serta melibatkan dosen dari Malang dan dari Kupang sebagai dosen peninjau pelaksanaan kegiatan PMRI ini. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Pascasarjana Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang Prof. Dr. dr. H. M. T. Kamaluddin, M. Sc., Sp.FK di Ruang Serba Guna Kampus Pascasarjana UNSRI pukul 08.30 waktu setempat.

Setelah acara pembukaan, kegiatan KLM dan Semiloka dilaksankan dalam waktu bersamaan. Kegiatan semiloka diikuti oleh lebih dari 100 orang guru di wilayah Sumatera Selatan. Pembicara pada acara semiloka tersebut adalah Prof. Dr. Ipung Yuwono, MS., M. Sc. (Guru Besar Matematika Universitas Negeri Malang) dan Prof. Dr. H. Zulkardi, M.I.Komp., M. Sc. (Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana UNSRI).

Selanjutnya, dalam pelaksanaan KLM terdiri dari tiga babak yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Pada babak penyisihan diikuti oleh 114 siswa dari 117 peserta terdaftar. Mereka mengerjakan 20 butir soal yang terdiri dari 6 soal multiple choice dan 14 butir soal short answer selama 120 menit mulai pukul 09.05 s.d 11.05 WIB. Babak penyisihan tersebut dilaksanakan di dalam 3 ruangan. Dari hasil babak penyisihan, selanjutnya dipilih 30% terbaik dari seluruh peserta, sehingga ada 36 siswa yang berhak maju ke babak semifinal. Pada babak semifinal, peserta wajib menjawab 8 butir soal essay dalam waktu 30 menit. Dalam pengerjaan soal tersebut, peserta dibagi menjadi 2 ruangan. Selanjutnya, dari hasil babak semifinal diambil 3 siswa untuk mengikuti babak final yang memperebutkan Piala Rektor UNSRI. Pada babak final, peserta wajib mengerjakan 3 soal PISA Level 6 dalam bentuk essay selama 15 menit, kemudian mempresentasikan jawaban mereka di depan Dewan Juri. Selanjutnya, dewan juri memutuskan siswa yang berhak menjadi juara 1, 2, dan 3. Sang juara tersebut berhak memperoleh piala Rektor UNSRI, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Dari hasil penilaian dewan juri, ditetapkan juara KLM ke-2 tahun 2011 di wilayah Sumatera Selatan adalah siswa dari SMP Xaverius 1 Palembang. Karena ketiga juara diraih oleh siswa dari SMP tersebut maka SMP Xaverius 1 Palembang sekaligus menjadi juara umum KLM ke-2 tingkat wilayah Sumatera Selatan. Sekolah tersebut berhasil menjadi juara umum selama 2 tahun berturut-turut yang dapat menjadi motivasi bagi sekolah lain untuk mempersembahkan yang lebih baik lagi pada kegiatan KLM selanjutnya. Berikut adalah nama-nama siswa yang berhasil meraih juara 1, 2, dan 3:

1. Ivan Nata Pravita

2. Darwin Stephanus

3. Wilbert