Penyelesaian masalah dan penalaran merupakan keterampilan dasar dalam pendidikan matematika. Oleh karena itu, standar kemampuan tersebut dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah. Sebagai seorang pendidik atau guru matematika, kita harus mempunyai referensi cukup dan menguasai soal pemecahan masalah yang baik untuk dapat mengajarkannya kepada siswa. Sebuah soal pemecahan masalah untuk tujuan pembelajaran terdiri dari satu atau lebih karakteristik berikut:

  1. Menarik dan menantang untuk siswa
  2. Membutuhkan analisis kritis dan keterampilan pengamatan
  3. Menyediakan peluang untuk didiskusikan dan interaksi dalam menyelesaikannya
  4. Menyertakan pemahaman terhadap konsep matematika dan keterampilan aplikasi matematik
  5. Mengarahkan pada prinsip matematika
  6. Memungkinkan ada variasi jawaban dan waktu untuk mengerjakan.

Reference:

Krulik, Stephen. Rudnick, Jesse A. 1993. Reasoning and Problem Solving: A Handbook for Elementary School Teacher. A Division of Simon & Schuster Inc.