Matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit dan sulit oleh sebagian siswa . Dalam proses pembelajaran matematika di kelas, fenomena yang sering dihadapi oleh siswa adalah kecenderungan untuk menghindari masalah. Saat diberikan suatu masalah, siswa lebih sering memilih untuk menyerah sebelum mencoba. Hal ini dapat terjadi karena mereka berpikir untuk menyelesaikannya terlebih dahulu dari pada memahami apa sebenarnya permasalahannya. Langkah awal saat menghadapi masalah adalah memahami apa yang menjadi masalah, selanjutnya menentukan bagaimana strategi yang tepat dan mudah untuk menyelesaikannya. Untuk membantu menentukan strategi yang handal dalam menyelesaikan masalah ada salah satu alternatif buku yang dapat digunakan sebagai referensi yaitu karangan Alferd S. Posamentier dan Stephen Krulik yang berjudul Problem Solving Strategies for Efficient and Elegant Solution.

Di dalam buku ini dikupas mengenai 10 strategi yang efisien dan elegan dalam memecahkan masalah matematika yang akan sangat berguna bagi guru matematika maupun siswa. Selain itu, buku ini juga menyajikan beberapa contoh soal dan dilengkapi dengan strategi penyelesaiannya. Penyajian strategi penyelesaian masalah tersebut begitu unik dan menyenangkan, sehingga jika semula dahi sudah berkerut saat membaca masalah yang begitu rumit, dapat membuat kita tersenyum saat memahami masalah dan mampu menyelesaiakannya. Bahkan kita dapat merasa mendapat tantangan untuk dapat menyelesaiakan masalah lain yang identik. Dengan menggunakan strategi-strategi yang dibahas secara tuntas dalam buku ini, masalah yang terlihat sangat rumit dan membingungkan akan dapat diselesaikan dengan mudah dan tepat serta dalam waktu singkat.

Berikut adalah 10 strategi yang disajikan di dalam buku ini, antara lain:

  1. Bekerja mundur
  2. Menemukan pola
  3. Mengadopsi sudut pandang yang berbeda
  4. Menyelesaikan dengan analogi yang lebih sederhana
  5. Menyadari kasus yang ekstrim
  6. Membuat gambar (memvisualisasikan masalah)
  7. Menebak dan mengetes dengan perkiraan secara cerdas
  8. Menghitung semua kemungkinan
  9. Mengorganisasi data
  10. Menggunakan alasan yang logis

Setelah membaca buku ini diharapkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika akan meningkat. Demikian juga buku ini akan dapat memberi manfaat bagi guru untuk membantu menemukan beberapa metode yang tepat dalam menyelesaikan suatu masalah dan dapat menerapkannya pada saat pembelajaran di kelas.

Masalah ada bukan untuk dihindari melainkan dihadapi dengan keteguhan hati, karena pada dasarnya setiap masalah pasti ada solusinya, hanyalah butuh waktu untuk membuktikannya. Demikian juga dalam Matematika.

Selamat belajar, mencoba, dan membuktikannya sendiri. Semangat!🙂