A. Strategi Penemuan Pola dalam Penyelesaian Masalah Sehari-hari

Penemuan pola adalah salah satu strategi dalam problem solving dimana kita dapat mengamati informasi yang diberikan seperti gambar, angka, huruf, kata, warna, atau suara. Dengan mengamati beberapa elemen yang diberikan tersebut, kadang-kadang secara berurutan kita dapat memecahkan masalah yang diberikan dengan menentukan apa yang menjadi elemen selanjutnya dan elemen tersebut akan membentuk pola yang diberikan.

Penggunaan strategi penemuan pola dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: dalam menemukan sebuah alamat, polisi dalam menentukan modus operandi dalam menentukan pola suatu tindak kriminalitas, ilmuwan dalam melakukan penelitian tentang perkembangan virus dan bakteri.

B. Karakteristik Masalah Matematika yang dapat Diselesaikan dengan Strategi Penemuan Pola

Beberapa masalah matematika yang dapat diselesaikan dengan strategi penemuan pola memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik tersebut meliputi:

  1. Masalah berbentuk perpangkatan yang cukup besar dan biasanya diminta untuk menentukan digit terakhir, digit tengah, atau banyaknya digit.
  2. Masalah yang melibatkan sebuah bentuk bangun dan kita diminta menentukan banyaknya bangun satuan yang membentuk bangun tersebut.
  3. Menentukan suku tertentu pada sebuah barisan.
  4. Menentukan jumlah bilangan atau rumusnya yang membentuk suatu barisan tertentu.
  5. Menyelesaikan masalah tentang operasi aljabar pada suatu pecahan.
  6. Menentukan hasil bagi suatu bilangan yang lebih dari 10 digit.
  7. Masalah yang dapat disederhanakan dan dianalogikan sampai ditemukan pola yang terbentuk.
  8. Masalah yang melibatkan banyaknya sudut yang terbentuk oleh garis yang ditentukan jumlahnya dari sebuah titik.

Berikut ini disajikan beberapa contoh masalah matematika dan solusinya menggunakan strategi penemuan pola yang dapat didownload gratis. Semoga dapat bermanfaat.

Download

About these ads